Panorama Keindahan Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul


Kabupaten Gunung Kidul memang tidak ada habisnya jika berbicara mengenai wisatanya, berbagai wisata pantai nan indah dan sangat memikat bagi wisatawan lokal salah-satunya Pantai Pok Tunggal yang meiliki keunikan dengan adanya satu pohon duras yang tumbuh di bibir pantai dan menjadi daya tarik tersendiri. Pohon yang termasuk langka menurut masyarakat menjadikan nama Pok Tunggal pada pantai ini yang berarti Pohon Tunggal atau Satu Pohon.

Pantai ini selain memiliki keunikan Pohon Tunggal, satu lagi keunikan dari pantai ini adalah adanya sumber mata air tawar di bawah pohon yang berasal dari aliran sungai bawah tanah dan sumber air ini telah menjadi sumber mata air bagi mansyarakat setempat.

Keindahan Pantai Pok Tunggal dengan panorama hamparan pasir putih yang menyimbak di kawasan pantai ini dan perbukitan yang khas gunung kidul memberikan pesona alam tersendiri, ombak khas pantai selatan dengan ketinggian mencapai 3 sampai 5 meter dan gugusan batu karang yang menghiasi pantai menjulang tinggi serta pepohonan rimbun, di pinggiran pantai.

Pesona tebing-tebing dipantai dengan ketinggian mencapai sekitar 40 meter tampak menghiasi pantai. Momen yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung di Pantai Pok Tunggal adalah ketika sunset. Tak jarang para wisatawan bercamping mendirikan tenda sekitaran lokasi pantai ini untuk menghabiskan malam di tepi bantai dengan deburan ombak yang menenangkan.

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, jarak tempuh dari pusat kota yogyakarta sekitar 70 kilometer. Lokasi pantai ini terletak diantara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung.

Akses Menuju Lokasi

Akses  menuju pantai ini jalan sudah beraspal tapi sebelum pantai pok tunggal, jalan mesih tanah dan berbatu, sempit dan banyak belokan.
Dari Kota Yogyakarta bisa ditempuh dengan dua rute:


  1. Rute Pertama : Yogyakarta -Piyungan - Patuk - Arah hutan Bander - Gading - Logandeng - Siyono - Bundaran Tugu BPD - jl. Kyai Legi - jl. Lingkar Selatan - Jl. KRT Djojodinigrat - Jl. Grisubo - Wonosari - Jl Saptosari - Tepus - Lokasi Pantai Pok Tunggal.
  2. Rute Kedua : Yogyakarta - Imogiri - Panggung - Jl. Saptosari - Tepus kearah Pantai Baron. Dari pertigaan seblum pantai Baron ambil kiri ke arah Panntai Indrayanti dan amil kiri sampai pos retribusi pembayaran. Beberapa meter dari pos retribusi akan tampak papan petunjuk menuju lokasi Pantai Pok Tunggal.
Fasilitas

Beberapa fasiliata yang disediakan sudah cukup memadai seperti penyewaaan payung pantai tenda camping, warung makan, toilet umum, tempat istirahat dan tempat parkir.




0 Response to "Panorama Keindahan Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul"

Posting Komentar